80 Tips & Trik Windows 8 (Part I : 1-25)

1. Lock Screen

Windows 8 terbuka pada layar kunci, yang terlihat elegan tapi sayangnya tidak menampilkan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ini semua sangat mudah, meskipun hanya dengan menekan tombol spasi, memutar roda mouse atau menggesek atas pada layar sentuh untuk membuka layar login reguler dengan nama pengguna yang Anda buat saat instalasi. Masukkan password Anda untuk memulai.

2. Basic Navigation

Windows 8 diluncurkan dengan antarmuka baru (Metro), semua ubin berwarna-warni dan sentuhan ramah aplikasi. Dan jika Anda menggunakan tablet maka semua akan sangat mudah, hanya menggesek kiri atau kanan untuk menggulung layar dan tekan setiap ubin yang menarik.
Pada desktop biasa, Anda bisa menggunakan alternatif memutar roda mouse untuk menggulir belakang dan ke depan.
Dan Anda juga dapat menggunakan keyboard. Tekan tombol Home atau End untuk melompat dari satu ujung layar Start Anda yang lain. Kemudian gunakan tombol kursor untuk memilih ubin tertentu, menekan Enter untuk memilihnya. Tekan tombol Windows untuk kembali ke layar Start. Klik kanan (atau menggesek di atas) aplikasi Anda tidak perlu membuka peniti dan pilih untuk menghapusnya, tapi cukup dengan drag dan drop ubin yang ada di sekitar untuk mengatur ubin yang Anda inginkan.

3. App Groups

Start Screen awalnya ditampilkan dalam urutan cukup acak, tetapi jika Anda lebih suka tampilan yang lebih terorganisir maka mudah untuk menyortir mereka ke dalam kelompok-kelompok yang mudah anda akses.
Anda mungkin menyeret People, Mail, Messaging dan Calendar ke sisi kiri, misalnya, untuk membentuk sebuah kelompok terpisah ‘People’. Klik ‘minus’ icon di sudut kanan bawah layar untuk zoom out dan sekarang Anda akan menemukan Anda dapat drag dan drop kelompok baru (atau apapun yang lain) sekitar sebagai blok.
Klik kanan dalam blok (saat masih diperbesar keluar) dan Anda juga akan dapat memberikan kelompok nama, yang  jika Anda pergi untuk menambah 20 atau 30 aplikasi ke layar Start Anda – akan membuat lebih mudah untuk menemukan alat yang Anda butuhkan.

4. Quick Access Menu

Klik kanan di sudut kiri bawah (atau tahan tombol Windows dan tekan X) untuk menu berbasis teks yang menyediakan akses mudah ke banyak aplikasi windows 8 yang berguna mulai dari fitur Device Manager, Control Panel, Explorer dan lain-lain.

5. Find Your Applications

Tombol Windows + X sangat berguna, tetapi tidak ada pengganti untuk Star Menu klasik karena tidak memberikan akses ke aplikasi Anda. Untuk menemukan ini, tahan tombol Windows dan tekan Q atau klik kanan bagian kosong dari layar Start atau menggesek jari Anda ke atas dari bagian bawah layar dan pilih ‘All Apps’ untuk menampilkan daftar bergulir dari semua aplikasi yang terpasang. Menelusuri berbagai ubin untuk menemukan apa yang Anda butuhkan dan klik aplikasi yang mau dijalankan untuk memulai.

6. Easy Access

Jika ada aplikasi yang sering Anda gunakan sepanjang waktu, maka Anda tidak perlu mengaksesnya melalui sistem pencarian. Pin ke layar Start dan itu akan tersedia di klik. Cobalah dengan mengetik bagian dari nama aplikasi Anda. Untuk mengakses Control Panel, misalnya, ketik ‘Control’. Klik kanan ubin ‘Control Panel’ di layar Cari Apps, dan ‘Pin to Start’ klik. Jika Anda menggunakan layar sentuh, tekan dan tahan ikon, kemudian mengibaskan ke bawah dan pilih ‘Pin to Start’.
Sekarang tekan tombol Windows, gulir ke kanan dan Anda akan melihat ubin Control Panel di ujung. Drag dan drop ini ke kiri di suatu tempat jika Anda ingin lebih mudah diakses, kemudian klik ubin untuk membuka desktop bersama dengan jendela Control Panel, dan tekan tombol Windows untuk mengembalikan Anda ke layar Mulai ketika Anda dilakukan.

7. Shutting Down

Untuk mematikan Windows 8, hanya memindahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah layar, klik ikon Settings – atau hanya tahan tombol Windows dan tekan I – dan Anda akan melihat tombol power. Klik ini dan pilih ‘Shut Down’ atau ‘Restart’.
Beberapa trik yang tersedia di Windows versi sebelumnya masih berlaku. Tekan Ctrl + Alt + Del, misalnya, klik tombol power di sudut kanan bawah dan Anda akan disajikan dengan sama ‘Shut Down’ dan ‘Restart’ pilihan.
Dan jika Anda berada di desktop, tekan Alt + F4 dan Anda akan dapat memilih ‘Shut Down’, ‘Restart’, ‘Sign Out’ atau opsi ‘Pindah Pengguna.

8. App Bar

Aplikasi di Windows 8 bertujuan untuk menjadi lebih sederhana daripada gaya lama applet Windows, yang berarti selamat tinggal pada menu, toolbar yang kompleks dan standar antarmuka banyak. Biasanya akan ada beberapa pilihan yang tersedia pada App bar, jadi jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan maka baik klik kanan bagian kosong dari layar, tekan Windows + Z atau gulir cepat jari Anda ke atas dari bawah layar untuk melihat lebih dekat.

9. What’s Running?

Jika Anda menjalankan Windows 8 app, bermain dengan itu untuk sementara waktu, kemudian tekan tombol Windows Anda akan beralih kembali ke layar Mulai. Aplikasi Anda akan tetap berjalan, tapi karena taskbar tidak ada maka Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda mengetahuninya.
Anda bisa tekan Alt + Tab, yang menunjukkan apa yang berjalan seperti biasanya.
Menekan tombol Windows dan menekan Tab menampilkan panel di sisi kiri layar dengan aplikasi Anda berjalan. (Untuk melihat ini dengan mouse, memindahkan kursor ke sudut kiri atas layar, tunggu sampai thumbnail dari satu aplikasi muncul, lalu tarik ke bawah.)
Dan tentu saja Anda selalu dapat menekan Ctrl + Shift + Esc untuk melihat semua aplikasi Anda berjalan di Task Manager, jika Anda tidak keberatan (atau benar-benar perlu) detail teknis tambahan.

10. Menutup Sebuah Aplikasi

Windows 8 apps tidak memiliki tombol close, tapi ini bukan masalah bagi Anda. Apps ditangguhkan ketika Anda beralih ke sesuatu yang lain sehingga mereka hanya menguras sangat minim pada sistem Anda dan jika Anda membutuhkan sumber daya sistem maka mereka otomatis akan ditutup. (Konteks mereka akan diselamatkan, tentu saja, seterusnya mereka akan meluncurkan kembali melanjutkan di mana Anda tinggalkan). Jika Anda ingin menutup sebuah aplikasi pula, pindahkan kursor mouse ke bagian atas layar. Ketika ternyata dari pointer mouse biasa dengan ikon tangan, tahan tombol kiri mouse dan tarik ke bawah layar. App Anda harus menyusut ke thumbnail yang Anda dapat menyeret layar untuk menutupnya.

Jika itu terlalu banyak kerumitan, maka cukup menekan Alt + F4 masih bekerja.

Dan ketika semuanya gagal kemudian tekan Ctrl + Shift + Esc untuk memulai Task Manager, klik kanan sesuatu dalam daftar Apps dan pilih End Task. Hati-hati, meskipun dekat sesuatu yang tidak seharusnya dan sangat mudah untuk crash atau mengunci PC Anda.

11. Menguasai Internet Explorer di Windows 8

Klik ubin Internet Explorer dari menu Start dan Anda akan meluncurkan versi layar penuh tanpa toolbar, menu atau sidebars, yang  banyak mulai ditinggalkan di Windows 8 (meskipun Anda awalnya merasa kehilangan).
Klik kanan bagian kosong dari halaman atau gulir cepat jari Anda turun dari atas layar, meskipun, dan Anda akan menemukan pilihan untuk membuat dan beralih di antara tab, serta tombol Refresh, sebuah ‘Cari’ alat dan kemampuan untuk pin jalan pintas Internet ke halaman Start. Klik ikon kunci pas dan ‘Lihat pada desktop’ pilih untuk membuka versi desktop penuh dari Internet Explorer.

12. Menjalankan Dua Sisi Aplikasi yang Berdampingan

Windows 8 apps yang Microsoft sebut “immersive” aplikasi, yang pada dasarnya berarti mereka menjalankan layar penuh – tapi ada cara untuk melihat dua sekaligus. Gesek dari kiri dan aplikasi terakhir yang Anda gunakan akan berubah menjadi thumbnail, drop ini dan satu menampilkan aplikasi di panel sidebar sementara app saat Anda mengambil sisa layar. Dan Anda kemudian dapat menukar ini dengan menggesekkan lagi.

13. Periksa Ejaan

Windows 8 apps semua memiliki spellcheck mana yang relevan, yang terlihat dan bekerja jauh seperti dalam Microsoft Office. Membuat kesalahan dan garis merah bergelombang akan muncul di bawah kata menyinggung, tap atau klik kanan ini untuk melihat kata-kata alternatif yang disarankan, atau menambahkan kata ke kamus Anda sendiri jika diinginkan.

14. Run as Administrator

Beberapa program membutuhkan Anda untuk menjalankan mereka dengan hak Administrator sebelum mereka akan bekerja dengan baik. Menu konteks lama tidak tersedia untuk aplikasi mulai disematkan layar, tapi klik kanan salah satu, dan jika itu sesuai untuk aplikasi ini, maka Anda akan melihat Jalankan Sebagai pilihan Administrator.

15. Membuat ubin app besar kecil

Anda akan melihat bahwa beberapa aplikasi Windows 8 memiliki ubin hidup kecil, sementara yang lain memiliki ubin besar yang mengambil ruang dari dua ubin. Mengklik kanan pada ubin 8 Mulai layar Windows app akan menampilkan pilihan yang relevan. Jika ini adalah salah satu ubin yang lebih besar, memilih ‘kecil’ akan menguranginya menjadi setengah ukuran, membebaskan beberapa layar.

16. Uninstall Dengan Mudah

Jika Anda ingin menyembunyikan sebuah aplikasi yang tidak terpakai untuk saat ini, pilih ‘membuka peniti dari Start’. Ubin akan hilang, tetapi jika Anda berubah pikiran maka Anda selalu dapat menambahkannya lagi nanti. (Mencari aplikasi, klik kanan, ‘Pin to Start’ pilih.)
Atau, jika Anda yakin Anda tidak akan pernah ingin menggunakan sebuah aplikasi lagi, pilih ‘Uninstall’ untuk menghapus sepenuhnya.

17. Apps dan Privasi

Perlu diingat bahwa dengan default Windows 8 aplikasi dapat menggunakan nama Anda, lokasi dan gambar akun. Jika Anda tidak senang dengan itu, itu mudah berubah. Tekan Win + I, klik Pengaturan PC Lebih, pilih Privasi dan klik tombol yang relevan untuk menonaktifkan rincian apapun Anda lebih suka tidak berbagi.

18. Administrative Tools

Pengguna Windows berpengalaman yang menghabiskan banyak waktu mereka dalam satu applet maju atau yang lain sering sedikit kesal melihat alat favorit mereka terkubur oleh Windows 8. Microsoft telah membayar setidaknya perhatian, meskipun ada cara untuk membawa beberapa dari mereka kembali.
Buka bar Charm dengan menjentikkan jari Anda dari sisi kanan layar dan pilih ‘Settings’ lalu ‘Tiles’. Mengubah ‘Tampilkan alat administrasi’ ke ‘Ya’ dan klik kembali pada bagian kosong dari layar Mulai. Dan sesederhana itu. Geser ke kanan dan Anda akan menemukan sejumlah ubin baru untuk applet berbagai kunci – Monitor Kinerja, Event Viewer, Task Scheduler, Resource Monitor dan banyak lagi – siap untuk diakses di klik.

19. Disable The Lock Screen

Jika Anda ingin PC Anda untuk boot secepat mungkin, maka fitur Windows 8 yang mengunci mungkin tidak menarik. Jangan khawatir, jika Anda ingin screen lock  ini maka hanya membutuhkan waktu beberapa saat.

Peluncuran gpedit.msc (Editor Local Group Policy) dan browse ke Computer Configuration> Administrative Templates> Control Panel> Personalisasi.

Double-klik ‘Do not display the lock screen’, pilih Diaktifkan dan klik OK.

Restart dan layar kunci akan disable.

Jika Anda tidak dapat dengan mudah menemukan gpedit.msc dengan mencari di Start screen, mencari ‘mmc’, dan kemudian tekan Enter. Pada menu File, klik ‘Add / Remove Snap-in’, kemudian di ‘Tambah atau Hapus Snap-in’ kotak dialog, klik ‘Group Policy Editor Obyek’, kemudian klik ‘Add’.

Pada kotak dialog ‘Select Group Policy Object’, klik ‘Browse’. Klik ‘Komputer ini’ untuk mengedit objek Kebijakan Grup Lokal, atau klik ‘User’ untuk mengedit Administrator, Non-Administrator, atau per-user benda Local Group Policy, kemudian klik ‘Selesai’.

20. Install Anything

Kebanyakan platform ponsel merekomendasikan Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber yang disetujui untuk melindungi keamanan Anda, dan Windows 8 adalah sama: hanya akan memungkinkan Anda untuk menginstal dipercaya (yaitu, ditandatangani secara digital) aplikasi dari toko Windows.
Jika ini terbukti masalah, meskipun, dan Anda bersedia untuk mengambil risiko keamanan (karena ini bukan sesuatu untuk mencoba kecuali Anda sepenuhnya yakin itu aman), maka sistem dapat dikonfigurasi untuk menjalankan aplikasi terpercaya dari sumber manapun .
Peluncuran gpedit.msc (lihat di atas untuk petunjuk tentang cara untuk menemukannya), browse ke Computer Configuration> Administrative Templates> Windows Components> App Paket Deployment, double-klik ‘Allow semua aplikasi terpercaya untuk menginstal’ dan pilih Enabled> OK.

21. Login Otomatis

PERINGATAN: Account Anda akan kehilangan hak istimewa admin sebagai akibat dari langkah ini
Tentu saja bahkan jika Anda menghapus layar kunci, Anda masih akan dipaksa untuk log in secara manual setiap kali sistem anda mulai. Hal ini juga dapat diselesaikan pada kecepatan, meskipun, menggunakan banyak teknik yang sama seperti pada versi Windows sebelumnya.
Tahan tombol Windows, tekan R, ketik ‘netplwiz’ dan tekan Enter untuk memulai dialog User Account.
Hapus “Pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk menggunakan komputer ini” kotak dan klik OK.
Masukkan nama pengguna dan password dari akun yang Anda ingin untuk login secara otomatis, klik OK, restart sistem anda dan kali ini harus boot langsung ke layar Mulai.

22. Mengganti Start Menu

Jika pencarian Windows 8 dan alat navigasi masih awam bagi Anda, pasti merindukan menu Start biasa, menginstal ViStart akan menggantinya dengan sesuatu yang sangat mirip.
Download program dan menginstalnya, hati-hati, itu gratis, tetapi program Setup akan menginstal sidang Registry cleaner komersial kecuali Anda secara eksplisit memberitahu sebaliknya.
Tapi begitu itu keluar jalan, tombol Start lama Anda akan kembali di tempat biasa, dan mengklik (atau menekan tombol Windows) akan membawa kembali menu Start biasa lengkap dengan kotak pencarian dan semua menu yang biasa.
Program ini memiliki beberapa kekurangan – pada peluncuran itu memberi kami sebuah ikon e-mail untuk Outlook Express, misalnya – tetapi sebaliknya bekerja dengan baik.
Ada juga Start8 dari kustomisasi Windows veteran Stardock. Ini menyediakan fungsionalitas mirip dengan ViStart namun dengan tampilan up-to-date lagi. Anda bisa browsing untuk program Start Menu yang lain untuk windows 8.

23. Windows key shortcuts

  • Win : switch between the Start screen and the last-running Windows 8 app
  • Win + C : displays the Charms: the Settings, Devices, Share and Search options
  • Win + D : launches the desktop
  • Win + E : launches Explorer
  • Win + F : opens the File Search pane
  • Win + H : opens the Share pane
  • Win + I : opens Settings
  • Win + K : opens the Devices pane
  • Win + L : locks your PC
  • Win + M : minimises the current Explorer or Internet Explorer window (works in the full-screen IE, too)
  • Win + O : toggles device orientation lock on and off
  • Win + P : switch your display to a second display or projector
  • Win + Q : open the App Search pane
  • Win + R : opens the Run box
  • Win + U : open the Ease of Access Centre
  • Win + V : cycle through toasts (notifications)
  • Win + W : search your system settings (type POWER for links to all power-related options, say)
  • Win + X : displays a text menu of useful Windows tools and applets
  • Win + Z : displays the right-click context menu when in a full-screen app
  • Win + + : launch Magnifier and zoom in
  • Win + – : zoom out
  • Win + , : Aero peek at the desktop
  • Win + Enter : launch Narrator
  • Win + PgUp : move the current screen to the left-hand monitor
  • Win + PgDn : move the current screen to the right-hand monitor
  • Win + PrtSc : capture the current screen and save it to your Pictures folder
  • Win + Tab : switch between running apps

24. Membuka Program Cepat

Jika Anda seorang penggemar jalan pintas keyboard dan tidak menyukai gagasan bergulir melalui ubin app untuk menemukan program yang anda butuhkan, jangan khawatir, Windows 8 masih mendukung pintas tua yang berguna. Yang sempurna jika, katakanlah, Anda ingin dapat menutup PC Anda dengan sekali klik.
Jalankan aplikasi desktop, klik kanan bagian kosong dari desktop dan klik Shortcut> New.
Browse ke aplikasi yang ingin memulai di sini. Dari demi contoh ini, masukkan
shutdown.exe-s-t 00
untuk menutup PC Anda, atau
shutdown.exe-h-t 00
untuk hibernate itu, dan klik Next. Ketik nama shortcut – ‘Hibernate’, katakanlah – dan klik Finish.
Klik kanan shortcut tersebut, pilih Pin to Start dan harus muncul di ujung kanan layar Start – hanya tarik ubin di manapun Anda suka.

25. Intelligent Screengrabs

Jika Windows 8 aplikasi menunjukkan sesuatu yang menarik dan Anda ingin merekam untuk anak cucu, kemudian menekan tombol Windows, tekan PrtSc, dan gambar tidak akan hanya pergi ke clipboard: itu juga akan secara otomatis disimpan ke My Pictures folder dengan nama Screenshot.png (dan kemudian Screenshot (1) png, Screenshot (2).. png dan sebagainya).
Anda mungkin berharap bahwa menekan Win + Alt + PrtSc sama akan menyimpan gambar dari jendela aktif, namun tidak ada, sayangnya tidak. Mungkin lain kali.

to be continued …

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: