Repair Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

Saya di sini cuma ingin berbagi pengalaman tentang flashdisk. Di tempat saya banyak flashdisk dari berbagai merk dan kapasitas yang tidak bisa dipakai alias rusak. Ada yang tidak bisa diformat, ada yang istilah komputernya “write protected” dan masih banyak lagi lainnya yang menunjukkan bahwa flashdisk tersebut tidak bisa dipakai. Awalnya saya tidak melirik sama sekali flashdisk yang sudah saya anggap rusak tersebut. Tetapi suatu ketika, waktu meng-copy file ke flashdisk saya yang cuma satu-satunya, waktu hampir selesai meng-copy terjadi error. Saya cabut dari komputer lalu saya colokkan lagi dan bisa ditebak flashdisk saya rusak (tidak terbaca kapasitasnya=0 byte). Daripada beli lagi (krisis keuangan waktu itu) saya pun iseng cari dan tanya langsung ke Google. Dan setelah mencoba berbagai software repair usb masih belum ada yang bisa memperbaiki flashdisk saya. Putus asa? Tentu tidak. Akhirnya saya menemukan artikel di http://belajarbareng.forumid.net yang saya coba meskipun proses perbaikan flashdisk-nya diperlukan beberapa tahap. Dan ternyata tutorialnya sangat manjur. Flashdisk saya bisa normal lagi. Akhirnya saya pun mencari kumpulan flashdisk rusak yang pernah saya simpan. Dan itupun bisa diperbaiki walaupun dari berbagai merk, kapasitas dan tentu saja dari berbagai masalah flashdisk. Biar tidak panjang lebar kita langsung saja to the point langkah-langkah repair flashdik :

1. Download dulu USB VIEW, untuk melihat VID (id vendor) dan PID (id product).

2. Untuk gambar tampilan USB VIEW bisa dilihat disini. Lihat gambarnya, di situ ditunjukkan (lingkaran merah) untuk id vendor
0x1307 dan id product 0x0165, untuk reference-nya kita ambil empat kode di belakang tanda kali. Itulah nomer kode VID          (idvendor) dan PID (id product) kita. Setelah kita mengetahui VID dan PID, kita bisa lihat penjelasan dari kode tersebut di sini,nanti kita akan mengetahui vendor dan product dari chipset flashdisk kita.

3. Software untuk nge-flash ulang usb flashdisk Kingston G2 4GB. Softwarenya nama nya SSS6686 v.2.150, tapi tidak semua Kingston G2 4 GB sama VID dan PID nya, lebih baik di check dulu dengan USB VIEW. Saya dapat di situs rusia http://flashboot.ru/iflash.html
, tulisannya pun rusia, tapi anda pun bisa menebak meskipun tulisannya asing untuk kita yang tahunya cuma Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Bahasa Inggris. Ternyata di situs ini banyak berbagai macam software repair untuk segala merk, type dan kapasitas flashdisk.

4. Untuk mencari software buat flashdisk selain kingston tinggal masukkin VID (id vendor) atau PID (id product) di kolom paling atas (mungkin search dalam tulisan Rusia) nanti bisa terlihat VID dan PID kita yang sama kapasitasnya dan jenis usb flashdisk kita. Tinggal kita lihat software apa yang cocok untuk flashdisk tersebut.

Selamat mencoba. Yang pasti kita harus sabar, karena program flashnya sangat beragam dan tentu saja dicoba berulang-ulang dengan program flash yang sudah ada di daftar sampai flashdisknya bisa normal kembali.

 

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

